6 Hal yang Bisa Kamu Lakukan di Aplikasi TPS Rating

Ada kabar gembira untuk kamu pengguna android di awal tahun ini. Sebuah aplikasi yang berbasis pada pengelolaan dan pemantauan sampah di TPS akan segera diluncurkan di akhir bulan Januari 2017 di Goodle Play Store. Aplikasi TPS Rating memungkinkan penggunanya melakukan 5 hal berikut ini. Pastikan kamu download jika aplikasinya sudah di launching ya 😀

 

  1. Melihat info TPS

Sebagai sebuah aplikasi yang sedang dikembangkan, Aplikasi ini masih terbatas penggunaannya termasuk Info TPS yang baru hanya akan menampilkan info TPS di Kota Bandung.

Fungsi Info TPS pada Aplikasi TPS Rating ini memungkinkan penggunanya dapat melihat informasi terkait TPS di Kota Bandung, lengkap dengan gambar dan keterangan TPS yang bersangkutan.

Menarik ya, jadi kamu bisa tau lebih tentang TPS-TPS di sekitar.

 

  1. Meraring TPS

Selain info terkait TPS yang dapat diakses pengguna, asesuai namanya tentu saja aplikasi ini menyediakan fungsi TPS Rating. Dimana pengguna aplikasi dapat memberikan penilaian atau rating pada TPS tertentu. Penilaiannya sendiri dilakukan dengan sistem memberi bintang dengan skala 1-5 bintang.

Dengan fungsi ini masyarakat khususnya pengguna TPS Rating dapat memantau terkait kondisi TPS di sekitarnya. Dan tentu saja ini akan memberikan masukan bagi pihak terkait untuk dapat menyediakan TPS yang lebih baik dan layak.

 

  1. Memberi Komentar

Dirasa memberikan penilaian saja tidak cukup, jangan khawatir. Kamu bisa menambahkan komentar khusus yang bisa ditulis pada fungsi kolom komentar yang disediakan.

Contoh kamu memberikan penilaian pada salah satu TPS yang kamu pilih, lalu kamu mmberikan nilai dengan bintang tiga, kamu bisa sekaigus menulis komentar kenapa hanya 3 bintang yang diberikan, serta masukan lainnya jika ada.

 

  1. Mengecek TPS

Untuk menjadi TPS yang baik dan layak, tentu saja banyak perlengkapan yang harus tersedia di sebuah TPS. Pengguna Aplikasi TPS Rating juga bisa mengecek kelengkapan TPS sesuai dengan daftar checklist yang ditampilkan di aplikasi, apakah kelengkapan TPS tersebut tersedia atau tidak.

 

  1. Auto get location

Tak kenal maka tak sayang. Fungsi Auto get location akan membantu pengguna Aplikasi ini untuk mengetahui TPS mana saja yang ada di sekitarnya. Jadi gak ada alasan lain untuk membuang sampah sembarangan, karena kamu bisa tahu dengan mudah TPS di sekitarmu.

  1. Terhubung ke website BSID

Saat membuka Aplikasi TPS Rating kamu juga bisa mengakses website BebasSampahID untuk mengetahui lebih lengkap tentang cara kerjanya.

 

BebasSampahID sendiri dikelola oleh Greeneration Foundation dan dua lembaga lainnya yaitu YPBB dan IATL ITB. Greeneration Foundation adalah sebuah lembaga yang memiliki visi menjadi wadah informasi, konsumsi, teknologi (ICT) dan kolaboraksi antar pemangku kepentingan yang terpercaya dalam mewujudkan prinsip produksi dan konsumsi berkelanjutan (SCP).

Dari 2014 Greeneration Foundation dan kedua lembaga lainnya fokus mengembangkan portal BebasSampahID sebagai sebuah portal pemetaan solusi persampahan di Indonesia yang kini akan segera diluncurkan aplikasi TPS Rating sebagai salah satu inovasi yang akan dihadirkan.

Pasti makin gak sabar kan pengen ngepoin Aplikasi ini? Kepoin aja di media media sosialnya BebasSampahID (kasih link instagram.com/bebassampahid) atau GreenerationID (kasih link instagram.com/greenerationID).

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.