Berbelanja untuk Lebaran? Perhatikan 4 hal ini

Dalam menyambut Hari Kemenangan, beragam hal kita mulai persiapkan dari membersihkan rumah, membuat kue, membuat rencana ke beberapa tempat seperti keluarga, teman atau bahkan berlibur, dan yang biasanya tidak akan terlewat adalah membeli baju lebaran. Namun sayangnya, berbelanja baju untuk lebaran terkadang selalu berlebihan dan akhirnya malah membuat kita boros, atau melebihi budget yang ada. Berikut beberapa tips yang bisa kamu coba agar tetap hemat saat berbelanja untuk lebaran.

 

Pergunakan THR dan gaji kita sebaik mungkin
THR atau Tunjangan Hari Raya biasanya modal kita untuk membeli perlengkapan lebaran, namun karena THR ini bersamaan dengan gaji kita terkadang membuat kita gelap mata dan rasanya ingin membeli semua kebutuhan untuk lebaran. Nah hitunglah dan coba pisahkan antara kebutuhan untuk sebelum dan sesudah lebaran, jangan sampai setelah lebaran kita benar-benar tidak memegang uang sama sekali, apalagi jika kamu memang sudah memiliki agenda seperti liburan setelah lebaran.

 

Prioritaskan kebutuhan mu
Yes, coba kita prioritaskan kebutuhan kita apa saja yang akan di beli. Urutkan berdasarkan kebutuhan bukan berdasarkan keinginan. Lebaran memang identik dengan segala sesuatu yang baru, tapi bukan berarti semuanya harus kamu beli terlebih baju. Cek stok baju mu dan pilihlah beberapa saja yang memang perlu untuk diganti. Jangan sampai kamu membeli baju berlebihan dan akhirnya stok baju mu tak ada yang terpakai, lalu akhirnya malah dibuang.

 

Pilihlah baju dengan detail yang baik
Memilih baju dengan detail memang perlu dilakukan, agar kualitas baju yang kita beli dan gunakan sesuai dengan harga yang kita beli. Saat momen mendekati lebaran beberapa toko menjual dengan potongan harga atau diskon yang cukup tinggi, itu yang membuat kita terbuai untuk membeli baju berlebihan, terkadang kita tidak memperhatikan kualitas ataupun detail baju, hanya karena lebih murah dari biasanya kita langsung membeli tanpa di cek terlebih dahulu, ini yang akhirnya membuat kita menyesal karena sesampainya dirumah barang yang kita beli terdapat kerusakan dan ujungnya malah tidak terpakai.

 

Bawa lah Uang secukupnya
Membawa uang secukupnya sesuai estimasi yang telah dibuat membuat kita lebih terarah dan menghindari kita dari boros. Dengan membawa uang secukupnya memutuskan kita hanya akan membeli barang dengan sesuai kebutuhan yang sudah direncanakan sebelumnya

 

Berikut beberapa tips berbelanja dengan hemat yang bisa kita lakukan, jangan lupa prioritaskan kebutuhan mu yah!

 

Sumber:
  • Gambar: Lebaranii.blogspot

Leave a Reply

Your email address will not be published.