Mudik Nyaman dan Ramah Lingkungan

Bulan Ramadhan, selain identik dengan takjil dan aneka menu berbuka puasanya. Bulan ini pun khas dengan pulang ke kampung halaman atau yang kita kenal dengan istilah “Mudik”. Menjelang Hari Raya, tidak lengkap rasanya jika tidak mudik, biasanya masyarakat Indonesia berbondong-bondong mudik untuk berkumpul dengan keluarga besar.

Saat mudik tiba berbagai macam barang kita bawa, tidak hanya barang tapi aneka jenis makanan pun kita bawa sebagai oleh-oleh. Belum lagi membawa perlengkapan untuk selama di perjalanan, tidak heran jika berbagai aktivitas ini malah membuat kita menimbulkan sampah. Berikut beberapa tips yang bisa kita lakukan untuk mengurangi sampah ketika mudik tiba.

 

Gunakanlah plastik sedikit mungkin

Gambar – tvshope78

Mau tidak mau memang kita akan menggunakan plastik dalam beberapa kebutuhan, namun gunakan lah secara bijak. Hindari penggunaan plastik berlebih, seperti membungkus pakaian/barang pribadi lainnya tidak perlu menggunakan plastik. Gunakanlah pack/tas kecil yang sudah dibersihkan terlebih dahulu, baru dimasukan kedalam tas besar yang akan kita bawa.

 

Selalu membawa Misting dan Tumblr

Gambar – KidsLunchBox

Di saat mudik, terkadangan kita selalu berlebihan dalam membeli makanan dan minuman untuk di perjalanan. Cukup membawa beberapa jenis makanan dan minuman, lalu disimpan disimpan kedalam misting dan tumblr sebelum berpergian, bisa mengurangi penggunan plastik dan juga menghemat pengeluaran kita saat diperjalanan mudik.

 

Kurangin lah penggunaan Tissue

Gambar – Kleenex

Tissue merupakan barang bawaan yang wajib di bawa ketika di perjalanan mudik, namun jelas penggunaannya pun selalu berlebihan. Bawalah sapu tangan ataupun handuk kecil untuk mengelap ataupun mengeringkan, gunakanlah tissue jika memang benar-benar dibutuhkan.

 

Pastikan membawa Kantong/Tas Belanja

Gambar – Diskon

Ketika mudik, sudah pasti kita selalu membelikan oleh-oleh dari tempat kita. Jangan lupa selalu gunakan Kantong/Tas Belanja ketika membeli oleh-oleh untuk mengurangi sampah.

 

Gunakan Transportasi Umum

Gambar – Artikel Informasi

Nah biasanya orang-orang memilih menggunakan kendaran pribadi jika saat mudik, namun pilihan ini malah membuat lalu lintas perjalanan sangat padat bayangkan saja jika setiap keluarga memilih menggunakan kendaraan pribadi mereka, berapa banyak kendaraan yang keluar pada saat mudik tiba, mungkin hingga ribuan. Oleh karena itu, transportasi umum merupakan pilihan tepat untuk digunakan. Ada beragam pilihan transportasi umum yang bisa kita pilih, pesawat, kereta api, bis, travel ataupun angkutan kota jika jarak yang ditempuh sangat dekat, tapi jangan lupa agendakan lah tanggal kepulangan, sehingga kita bisa memesan tiket jauh-jauh hari untuk menentukan tempat duduk yang nyaman dan juga harga yang aman di kantong 🙂

 

Selamat mencoba bagi yang melaksanakan mudik 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published.