Press Release Pasca Event | The 2nd Indonesia Circular Economy Forum 2018

Untuk Disiarkan Segera
Surabaya, 4 Juli 2018
Sebanyak 159 Partispan Dari Berbagai Stakeholder
Mengikuti The 2nd Indonesia Circular Economy Forum 2018

 

The 2nd Indonesia Circular Economy Forum 2018 sebagai bagian dari perhelatan Indo Waste Expo & Forum yang kedua berhasil digelar di Grand City Convention & Exhibition Center, Surabaya, pada 28 s.d 30 Juli 2018, dengan menghadirkan berbagai pemangku kepentingan sebagai narasumber dan 159 peserta yang datang sebagai representaif dari berbagai stakeholder, mulai dari pemerintah, swasta, akademisi, entrepreneur, media dan komunitas.

Gambar – Opening & Keynote Speech
Gambar – Opening & Keynote Speech

Kegiatan yang dilaksanakan oleh Waste4Change dan Greeneration Foundation ini berkolaborasi dengan Kedutaan Besar Denmark untuk Indonesia dan PRAISE dengan mengusung tema besar  “Redefining Waste Management: from Trash to Resources Management” dan mengangkat tiga topik utama yaitu:

  1. Visi Indonesia dalam pengelolaan persampahan yang mengarah pada circular economy melalui Jakstranas 2018 – 2025.
  2. Penanggulangan sampah plastik dan marine debris di Indonesia
  3. Aplikasi teknis yang sudah dilakukan Indonesia dalam mencapai circular economy.

Pelaksanaan hari pertama kegiatan yaitu pada Kamis, 28 Juli 2018, dibuka dengan welcoming speech oleh Vanessa Letizia selaku Direktur Eksekutif Greeneration Foundation. Kemudian dilanjutkan dengan Keynote Speach yang disampaikan oleh Ir. Tuti Hendrawati Mintarsih selaku Tenaga Ahli Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutann (KLHK), H.E Rasmus Abildgaard Kristensen selaku Duta Besar Denmark untuk Indonesia, dan Dr. Ir. Arifin Rudiyanto M.Sc selaku Kepala Bappenas Bidang Kemaritiman dan Sumber Daya Alam.

Di hari yang sama juga digelar Media Brief yang dihadiri 15 media baik lokal maupun nasional guna memperkenalkan lebih dekat tentang konsep Circular Economy dan kegiatan forum yang dilaksanakan selama tiga hari kepada rekan-rekan media.

Gambar – Parallel Session 2A: Law Enforcement

Sebagai kegiatan utama dalam The 2nd Indonesia Circular Economy Forum 2018 hari pertama, kegiatan dilanjutkan dengan sesi Pleno dan Sesi Paralel yang menghadirkan berbagai narasumber dengan topik pembahasan yang beragam.

Beberapa topik utama yang dibahas seperti diantaranya Indonesia’s Vision on Waste Management, Law Enforcement on Waste Management, Funding Opportunity, Redesigning Products and services serta Future Technologies for Circular Economy.

Gambar – Parallel Session 2A: City Collaboration

Sedangkan kegiatan hari kedua, yaitu Jumat 29 Juni 2018 dibuka oleh Nani Hendiarti selaku Asisten Deputi Bidang Pendayagunaan IPTEK Maritim Kemenko Bidang Kemaritiman, kemudian dilanjutkan dengan Keynote Speach yang disampaikan oleh Letnan Jenderal TNI Doni Monardo selaku Sesjen Wantannas.

Topik Tackling Plastic Marine Debris menjadi tema utama dalam Sesi Pleno yang digelar di hari kedua, sedangkan topik mengenai City Collaboration dan Community Empowerment dibasah pada sesi paralel di ruang terpisah. Kegiatan hari kedua diakhiri dengan 1:1 (one on one) session dan Group Disscussion, di mana pada 1:1 session seluruh pesera diberikan kesempatan untuk berdiskusi dan bertanya langsung pada topik-topik atau ahli yang diminati.

Hari ketiga The 2nd Indonesia Circular Economy Forum 2018 yaitu pada Sabtu, 30 Juni 2018 dibuka dengan Keynote Speach yang disampaikan oleh Ir. Mochammad Natsir, M.Sc selaku Staf Ahli Menteri Bidang Ekonomi dan Investas, kemudian dilanjutkan dengan sesi khusus yang membahas mengenai Infrastruktur Pengelolaan Sampah Berbasis Masyarakat oleh Ir. Dodi Krispratmadi, M.Env.E selaku Direktur Pengembangan Penyehatan Lingkungan Permukiman Ditjen Cipta Karya Kementerian PUPR.

Gambar – Plenary Session 2: Collection and Recycling
Gambar – Plenary Session 2: Collection and Recycling

Sesi Pleno di hari ketiga dilakukan dua kali dengan dua topik utama yang berbeda: sesi pertama membahas mengenai Food Waste dan pada sesi kedua membahas topik tentang Collection and Recycling.

Sebagai rangkaian terakhir pada The 2nd Indonesia Circular Economy Forum 2018 kegiatan diisi dengan Sesi Presentasi Karya oleh 10 besar peserta Circular Economy Initiative 2018. Dalam sesi ini 10 peserta dengan abstrak yang terpilih memberikan paparan secara langsung di hadapan dewan juri dan seluruh partisipan yang hadir dalam The 2nd Indonesia Circular Economy Forum 2018. Kompetisi ini dimenangkan oleh Xandega Tah Juansya dengan inisiatif Magalarva, yaitu sebuah inisiatif pengembangan Black Soldier Flies guna mengolah sampah organik.

Gambar – Booth
Gambar – Booth

 

Unduh Dokumentasi CEF 2018 di sini bit.ly/DokumentasiCEF2018

Leave a Reply

Your email address will not be published.