150 Pegiat Media Sosial di Ambon Ikuti #SocMed4SocGood 2018

Workshop Social Media for Social good atau #SocMed4SocGood berhasil digelar kembali di Kota Ambon pada 7 Juli 2018 lalu dengan mengundang 150 peserta yang merupakan pegiat media sosial di kota Ambon. Untuk kedua kalinya Ambon terpilih menjadi tuan rumah setelah sukses diadakan di tahun lalu. Dengan menghadirkan narasumber yang ahli dibidang nya #SocMed4SocGood Ambon sukses menggiring peserta yang hadir untuk lebih maksimal memanfaatkan media sosial secara postif .

Ambon merupakan kota ke 3 yang dikunjungi oleh tim #SocMed4SocGood di tahun iniyang kemudian akan disusul dengan 2 kota lainnya yaitu Mataram dan Medan. Dalam pelaksanaannya Greeneration Foundation bekerjasama dengan Green Moluccas sebagai mitra lokal pelaksana. Lokakarya Social Media for Social Good atau #SocMed4SocGood ini merupakan sebagai bentuk kolaborasi Greeneration Foundation dan Kedutaan Besar Amerika Serikat di Jakarta dengan mengangkat tema utama di 2018 “The Role of Millenials in Promoting Culture & Diversity Through Social Media”.

Gambar – Session 1 “Initiative of Good News From Indonesia”

Menurut Akhyari Hananto – Founder Good News From Indonesia yang juga akan menjadi narasumber dalam pelaksanaan #SocMed4SocGood di Banjarmasin pada 10 Februari 2018, jumlah pengguna internet di Indonesia mencapai angka 127 juta orang, dengan jumlah 55% nya adalah kalangan anak muda dengan rentan usia 18-25 tahun, sedangkan total jumlah pengguna media sosial di indonesia mencapai 110 juta pengguna. Sebuah perusahaan riset dan analisis dari Inggris, TNS, menyebutkan bahwa Indonesia berada diperingkat ke-3 pengguna Instagram. Data lain menyebutkan bahwa Indonesia merupakan pengguna tersbesar ke-3 Twitter, dan pengguna terbesar ke-4 media social Facebook.

Sementara di daerah-daerah dan pulau lain pengguna media sosial masih relatif rendah, padahal di beberapa daerah tersebut memiliki potensi keberagaman budaya yang sangat menarik untuk dipromosikan. Sehingga program ini hadir untuk mengajak dan memberikan wawasan kepada para masyarakat lokal, baik individu maupun komunitas dari berbagai sektor dan latar belakang untuk memanfaatkan kekuatan teknologi digital sehingga mampu berperan dalam promosi budaya maupun mengatasi permasalahan lokal atau nasional yang dihadapi.

Gambar – FGD

Kegiatan ini dibuat dengan interaktif dan dibagi kedalam dua sesi, sesi pertama merupakan penyampaian materi tentang “Initiative of Good News From Indonesia” dan sesi kedua “How to Create Content” oleh Akhyari Hananto selaku Founder Good News From Indonesia yang masing-masing didalamnya terdapat grup diskusi. Setelah pemamparan dua sesi tersebut kegiatan dilanjutkan dengan FGD (Focus Group Discussion), peserta dibagi menjadi dua kelompok besar, kelompok Vlog dan kelompok Blog. Setiap kelompok diberikan kesempatan untuk membuat karya atau mempraktekan apa yang sudah didapatkan dari dua narasumber. Peserta juga diberikan kebebasan dalam menentukan ide serta isu yang diangkat dalam pembuatan karyanya.

Gambar – FGD
Gambar – FGD

Tahun lalu program lokakarya ini sudah mengaktifkan 1050 peserta #SocMed4SocGood 2017 di 7 kota, dengan menghadirkan lebih dari 12 narasumber gerakan sosial di Indonesia dan mencapai lebih dari 50 juta impresi di media sosial dengan tagar #SocMed4SocGood. Harapan kami dalam pelaksanaan lokakarya di 5 kota kedepan pada tahun ini semakin banyak peserta yang ikut dan aktif di gerakan sosial di Indonesia, di mulai dari media social dan terwujud di kehidupan nyata.

Leave a Reply

Your email address will not be published.