Tas Unik dari Kaos Bekas

Menurut data pada tahun 2015, dalam 1 tahun Indonesia menghasilkan 65 Juta Ton sampah. Tak hanya di tahun yang sama telah dilaporkan bahwa Indonesia menempati posisi ke dua penyumbang sampah ke lautan. Jika di lihat masyarakat perkotaan berdasarkan data Greeneration pada tahun 2007, 1 orang menghasilkan 700 kantong plastik dalam satu tahun. Jumlah yang terbilang sangat banyak bukan, bayangkan jika dikali dengan ribuan warga perkotaan lainnya berapa banyak sampah kantong plastik yang ada di Indonesia dalam setiap tahunnya.

Banyak cara untuk mengurangi penggunaan kantong plastik, salah satunya dengan selalu membawa Tas/Kantong belanja sendiri dari rumah. Saat ini sudah banyak di pasaran ataupun toko-toko yang menjual Tas/Kantong belanja yang ramah lingkungan. Jika kita ingin lebih hemat lagi, kita tidak perlu membeli Tas/Kantong belanja, cukup menyediakan kaos bekas yang sudah tidak terpakai. Tentu setiap orang memiliki kaos bekas yang sudah tak terpakai bukan? bahkan bingung mau disimpan dimana, kadang di sumbangkan, kadang hanya menumpuk di lemari pakaian saja.

Nah berikut tips bagaimana membuat Tas/Kantong Belanja dari kaos bekas. Pertama persiapkan terlebih dahulu peralatan yang dibutuhkan:
1. Kaos Bekas | sudah pasti
2. Gunting | lebih baik lagi jika menggunakan gunting khusus kain
3. Niat yang kuat | pastikan Tas/Kantong belanja dari kaos bekas ini selalu kita gunakan, jadi buatlah dengan sepenuh hati :’)

 

Cucilah kaos yang akan di gunakan dalam tas/kantong belanja
Gambar. Blog Bukalapak
Langkah pertama yang harus dilakukan adalah, cucilah kaos yang sudah tidak terpakai. Terkadang menyimpan kaos terlalu lama dilemari akan membuat baju/kaos menjadi bau tak enak (bau apek) dan juga sedikit berdebu. Jadi pastikan kaos yang digunakan memang sudah bersih dan juga wangi 🙂

 

Potong beberapa bagian yang tidak di butuhkan
Gambar. Blog Jangkrik Tshirt
Selanjutnya, kaos bekas yang sudah bersih kita rentangkan. Tidak jadi masalah jika kaos yang kita punya berlengang panjang ataupun pendek karena bagian lengan ini akan kita potong dengan menggunakan gunting kain (atau gunting biasa, jangan lupa pastikan tajam yah). Selain gunting bagian lengan, gunting juga bagian kerahnya 🙂

 

Gunting bagian bawah kaos
Gambar. Blog Jangkrik Tshirt
Setelah kamu potong bagian lengan dan juga kerah, selanjutnya potong bagian bawah kaos kurang lebih dengan panjang 10cm dengan lebar 3-4cm ke arah atas, untuk panjang dan lebar silahkan disesuaikan dengan keinginan dan kaos yang kita punya. Lakukan pemotongan ini selebar kaos kita.

 

Ikat bagian kaos yang dipotong
Gambar. Blog Jangkrik Tshirt
Setelah dipotong-potong bagian bawah kaos, kemudian kita ikat mati masing-masing pasangan potongannya (depan dan belakang). Ikat dengan kencang bagian kaos ini, agar ketika di gunakan untuk membawa barang yang berat tetap kuat.

 

Balikan Kaos mu (optional)
Buat kamu yang ingin menutupi bagian gambar ataupun tidak ingin ada untaian pada bagian bawah Tas, kamu bisa membalikan kaos mu (bagian dalam ke luar), namun juga kamu sudah merasa cukup dengan tampila tas yang terdapat untaian bagian bawahnya cukup tinggal rapihkan saja ikatan-ikatannya.

 

Tas/Kantong belanja dari Kaos bekas selesai!
Gambar. Kaos Hits
Selesai, tas/kantong belanja dari kaos yang sudah terpakai mu sudah bisa digunakan untuk berbelanja. Simpan lah tas/kantong belanja dari kaos bekas ini di tempat-tempat yang terjangkau, bisa di dapur, bagasi motor ataupun didalam tas, agar kamu tidak lupa membawanya saat berbelanja. Selain digunakan untuk berbelanja Tas/Kantong dari kaos bekas ini bisa kamu gunakan untuk membawa beberapa barang ketika berpergian seperti membawa buku ataupun kotak makan dan tumblr. Cucilah Tas/kantong tersebut sesuai dengan pemakaian agar dipastikan Tas/kantong mu selalu bersih dan wangi dan siap untuk dibawa berpergian.

 

Mulai lah untuk membiasakan diri membawa Tas/Kantong belanja sendiri untuk mengurangi penggunan kantong plastik 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published.