Tetap Ramah Lingkungan di Bulan Ramadhan

Di saat bulan Ramadhan tidak lengkap rasanya jika tidak berbuka dengan yang manis, mulai dari Kolak, Sop buah, Sirup, Teh Manis, sampai beraneka ragam Jus buah. Belum lagi sebagai pelengkap berbuka puasa selalu ada gorengan, kue, atau kurma sebagai pengantar sebelum makan makanan utama, yaitu nasi.

Namun sadarkah kita, pola membeli hidangan untuk berbuka membuat kita untuk sering menggunakan barang dengan berbahan Plastik, Styrofoam dan juga Kertas?
Jika kita hitung satu orang yang membeli hidangan untuk berbuka puasa, setidaknya menggunakan 2 kantong plastik dan 1 gelas plastik (1 gelas plastik, 1 kantong plastik untuk minuman, 1 kantong plastik untuk makanan). Belum lagi beberapa yang lainnya bervariatif dalam membeli makanan, ada yang menggunakan styrofoam, ataupun kertas dan juga bisa hingga 3-5 kantong plastik di gunakan saat membeli hidangan untuk berbuka.

 

Namun ini semua tidak sepenuhnya  kesalahan sang konsumen. Jika dilihat lagi hampir seluruh penjual menu makan ataupun minuman saat berbuka pastik menyediakan makanan mereka dengan menggunakan plastik, styrofoam,ataupun kertas, dengan alasan lebih instan, sekali pakai ataupun lebih mudah untuk dibawa/digunakan, sehingga sang konsumen pun secara tidak langsung akan selalu menggunakan dan memakai barang-barang tersebut. Perlu adanya kesadaran penuh dari seluruh lapisan baik penjual maupun pembeli dalam mengurangi penggunaan plastik, styrofoam dan juga kertas.

Berikut beberapa tips yang bisa kita lakukan untuk selalu bisa ramah lingkungan di bulan puasa.

Bawalah Tumblr atau Misting ketika hendak membeli makanan
Gambar – Metrotvnews
Ketika ingin membeli makanan ataupun minuman saat berbuka biasakan untuk membawa tumblr dan misting sendiri. Biasanya penjual sudah mengemas ataupun membungkus makanan/minumannya, mintalah kepada penjualnya untuk menyimpan makanan/minuman kedalam tumblr dan misting yang sudah kita bawa.

 

Jangan lupa membawa Tas/Kantong Belanja
Gambar – Brilio
Terkadang kita akan kerepotan dalam membawa tumblr dan misting ketika membeli menu untuk berbuka, gunakanlah Tas/Kantong Belanja yang sudah kita bawa agar memudahkan dalam membawa barang-barang kita.

 

Pilihlah hanya beberapa jenis makanan
Gambar – Wartariau
Saat memilih makanan/minuman banyak variasi yang rasanya ingin kita cicipi ketika berbuka, namun itu hanya keinginan sesaat loh. Berbuka lah dengan cukup untuk menghindari rasa kekenyangan berlebihan agar kita tetap bisa beribadah dengan optimal. Selain itu memilih beberapa jenis makanan saja mengurangi penggunaan kemasan plastik dan sejenisnya.

 

Selamat mencoba 🙂

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.