Timbulan Sampah di Perayaan Tahun Baru 2019

Perayaan Tahun baru identik dengan berkumpul bersama keluarga, kerabat ataupun sahabat. Banyak aktivitas yang pasti Generasi Hijau lakukan bersama mereka. Tapi, sedihnya beberapa diantara kita masih merayakan tahun baru dengan cara lama, Masih NYAMPAH!

Beberapa data yang berhasil kami kumpulkan ternyata Perayaan Tahun Baru selalu identik dengan adanya “Peningkatan Jumlah Sampah”. Mulai dari jenis sampah makanan, sampah kemasan, hingga sampah kembang api yang sudah di gunakan saat tahun baru. Masih banyak orang malas untuk meletakkan sampah pada tempatnya.

Hal ini dilatrbelakangi beberapa hal seperti tingkat kesadaran masyarakat nya yang memang rendah, tidak ada tempat sampah yang terjangkau di lokasi tersebut yang memadai, hingga perasaan “tenang” dari masyarakat karena merasa akan ada tim yang membersihkan setelah pergantian tahun baru usai, hingga tak aneh jika di beberapa lokasi lonjakn timulan sampah sangat tinggi.  Berikut ini Data Timbulan Sampah pada Perayaan Tahun Baru 2019 di beberapa kota yang berhasil kami himpun:

  1. Jakarta – 327 Ton Sampah

    Kawasan Monas, Bundaran HI, Jalan Sudirman – M.H. Thamrin, Patung Tugu Tani, Jalan Gajah Mada-Hayam Wuruk, Kota Tua

2. Bandung – 20 Ton Sampah

Alun-alun Bandung dan Gasibu

3. Yogyakarta – 15 Ton Sampah

Malioboro, Kawasan Tugu, Kawasan Alun-alun Utara dan Selatan

4. Surabaya – 5 Ton Sampah

Seluruhan Kota

5. Denpasar – 300 Ton Sampah

Seluruh Kota

Itu hanya perayaan yang berlangsung beberapa jam saja loh, apa pendapat kamu Generasi Hijau?. Dari pada kita nyampah di setiap perayaan Tahun Baru mending kita coba ubah kebiasaan kita dalam merayakannya, seperti:

  1. Berkumpul dan merayakannya dengan keluarga, kerabat atau teman di rumah
  2. Seberusaha mungkin meminimalisir penggunaan kembang api
  3. Jika merayakan di pusat kota atau didaerahnya, letakan sampah pada tempatnya dan coba mengajak/mengingatkan ke orang lain untuk melakukan hal yang sama
  4. Saat ataupun sesudah perayaan, bantulah petugas kebersihan untuk memungut sampah yang tergeletak di jalanan

Ayo Generasi Hijau, di tahun baru kita harus lebih bertanggung jawab terhadap sampah yang kita hasilkan sendiri ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published.