Waste Wise Design Competition 2018

Waste Wise Design Competition 2018

“Smart Products for Waste Solution | Produk-Produk Cerdas untuk Solusi Limbah/Sampah”

 

Latar Belakang

Masalah sampah di Indonesia merupakan masalah yang sudah sangat mendesak untuk dipecahkan. Berbagai peraturan baik dari Pemerintah Pusat maupun Daerah sudah lama dikeluarkan, tapi belum ada kemajuan yang cukup berarti. Indonesia Bebas Sampah 2020 telah dicanangkan, bahkan pemerintah juga telah menyatakan bahwa sungai Citarum akan bersih dalam waktu 7 tahun.

Dalam rangka memperingati 45 tahun keberadaannya, Fortuga (Forum Alumni ITB angkatan 1973) telah mencanangkan gerakan Fortuga Peduli Sampah sebagai salah satu kegiatannya, yang akan mendukung program Indonesia Bebas Sampah 2020. Berbagai kegiatan telah disiapkan dengan baik dalam rangka gerakan Fortuga Peduli Sampah.

Untuk memastikan keselarasan kegiatan dengan berbagai kegiatan masyarakat, kami bersama ADPII (Aliansi Desain Produk Industri Indonesia) yaitu organisasi profesi desainer produk industi di Indonesia akan mengadakan kompetisi desain produk untuk pertama kalinya dengan nama Waste Wise Design Competition 2018 dan didukung oleh Greeneration Indonesia, organisasi yang khususnya bergerak di bidang pengelolaan sampah perkotaan, dan pengelolaan kebersihan lingkungan hidup pada umumnya.

 

Waste Wise Design Competition 2018

Waste Wise Design Competition untuk pertama kalinya hadir dengan tema “Smart Products for Waste Solution” (Produk-Produk Cerdas untuk Solusi Limbah/Sampah). Kompetisi Disain ini tidak hanya sebagai bentuk sosialisasi untuk membangun perhatian dan kesadaran masyarakat terhadap permasalahan sampah yang ada, namun merupakan upaya Fortuga dan ADPII dalam mendukung

terciptanya solusi-solusi disain produk yang edukatif, inovatif / kreatif dan aplikatif, terkait permasalahan sampah dalam lingkup rumah tangga dan lingkungan perumahan perkotaan, maksimum dalam kurun 5 tahun kedepan dan mendorong Sistem Tata Kelola Sampah Rumah Tangga menjadi lebih baik, lebih efektif dan effisien serta ramah manusia dan lingkungan.

Tentu saja kegiatan Waste Wise Design Competition 2018 akan terlaksana sukses dengan dukungan dan partisipasi aktif masyarakat dari berbagai pihak, khususnya Mahasiswa dan Universitas, Umum bahkan Professional.

Resmi akan dibuka disertai dengan Talkshow Seminar yang akan dilaksanakan pada hari Jumat tanggal 11 Mei 2018, 13.00 – 17.00 bertempat di Indonesia Design Development Center, Jalan Letjen S. Parman No. 112, Grogol, Jakarta Barat dilanjutkan dengan Seminar Roadshow di beberapa kampus Desain Produk di Indonesia. Para peserta akan memperebutkan hadiah senilai Rp. 75.000.000,- (termasuk pajak hadiah) berupa 4 hadiah utama dan dukungan sebagian biaya pembuatan mockup / prototype, setelah melalui 2 tahap seleksi, keempat pemenang akan diumumkan dalam acara Fortuga Day di Bandung yang rencananya akan diselenggarakan tanggal 22 September 2018.

 

Mengenai Waste Wise Design Competition 2018

Persyaratan Peserta

  • Mahasiswa/Umum (berusia 19 tahun, saat kompetisi resmi diumumkan), Warga Negara Indonesia
  • Perorangan atau Kelompok (untuk kelompok maksimal 3 orang multi disiplin, dengan salah satunya berlatar belakang keilmuan Desain Produk Industri)
  • Peserta wajib melampirkan pernyataan tertulis di atas materai bahwa tidak melanggar hal-hal terkait HaKI pihak ketiga dan pernyataan partisipasi karya dalam kompetisi desain
  • Informasi terkait detail, materi pendukung, dan format pernyataan dapat diunduh melalui wastewisecompetition.com
  • Hak Desain Industri sepenuhnya milik peserta, dan segala bentuk claim terkait HaKI menjadi tanggung jawab peserta
  • Dengan mengikutsertakan materi lomba untuk proses seleksi Waste Wise Design Competition 2018, Fortuga dan ADPII peserta memberikan hak kepada Penyelenggara (Fortuga & ADPII) untuk untuk menggunakan hasil kompetisi untuk keperluan pengembangan produk terkait kegiatan Waste Wise Design Competition,publikasi, pameran dan kepentingan pembuatan model berskala/prototip, dengan wajib mencantumkan nama desainer tanpa batas waktu dan bebas biaya
  • Apabila karya yang diikut sertakan dalam Waste Wise Design Competitionmendapatkan peluang produksi massal oleh pihak ketiga, maka penyelenggara (Fortuga dan ADPII) akan turut mendampingi dan mendorong peserta mendapatkan perjanjian kerjasama yang pantas.

 

Tema Kompetisi

Smart Products for Waste Solution ( Produk-Produk Cerdas untuk Solusi Limbah/Sampah)

 

Tahapan Seleksi

  1. Pembukaan resmi, Pers Confrence dan TalkShow Seminar direncanakan pada
  • Jumat, 11 Mei 2018, 13.30 – 17.00
  • Indonesia Design Development Center, Jalan Letjen S. Parman No. 112, Grogol, Jakarta Barat

 

  1. Seleksi Tahap I (batas waktu 25 Agt 2018), adalah seleksi untuk seluruh Peserta yangmenyerahkan karya dalam bentuk Desain Konsep mencakup permasalahan, solusi, konsep produk, konsep desain, dan skema operasional. Konsep desain dapat disampaikan melalui sketsa/ilustrasi, gambar rendering 2D&3D, gambar detail dan dimensi ataupun gambar pemodelan 3D, dan montase visual

Alamat Pengiriman Karya

Waste Wise Design Competition

d/a Rumah Persahabatan Fortuga,

Jalan Cisanggiri IV No. 17, Jakarta Selatan 12170, Indonesia

 

  1. Seleksi Tahap II (batas waktu 21 September 2018), adalah seleksi untuk 5 peserta yangterpilih sebagai Finalis. Finalis ini akan diminta melakukan presentasi dan menunjukan mockup / model / prototype sebagai evaluasi akhir penjurian, Waste Wise Design Competition 2018 akan memberi dukungan sebagian biaya pembuatan Mock Up kepada 5 finalis ini maximum @Rp.5.000.000.

 

Penjurian

  1. Juri akan memilih 4 Pemenang utama dari 5 finalis ini, dengan penghargaan (pajak hadiah ditanggung pemenang)
  • Diamond Award Trophy & uang tunai senilai Rp. 30.000.000,-
  • Gold Award Trophy & uang tunai senilai Rp. 15.000.000,-
  • Gold Award Trophy & uang tunai senilai Rp. 15.000.000,-
  • Gold Award Trophy & uang tunai senilai Rp. 15.000.000,-

Hanya ada penghargaan Gold dan Diamond, jadi bukan berurutan 1,2 dan 3 seperti umumnya, karena bisa jadi solusi produk yang ditawarkan ada pada permasalahan yang berbeda dan tidak dapat diperbandingkan langsung Head to Head. Pemenang Diamond diharapkan dapat memberikan pemecahan masalah lebih terintegrasi

  1. Team Juri terdiri Fortuga, Professional Desainer Produk yang tergabung dalam ADPII, dan Waste Expert

 

Informasi

  1. Penjelasan lengkap mengenai kompetisi ini dapat diperoleh melalui website wastewisecompetition.comdan media-media sosial setelah program ini resmi diluncurkan tanggal 11 Mei 2018. Waste Wise Design Competition 2018, tidak memungut biaya apapun kepada peserta.
  2. Kontak

Panitia Waste Wise Design Competition 2018

e-Mail: info@wastewisecompetition.com

 

Mengenai Fortuga dan Fortuga Peduli Sampah

Kekompakan Alumni ITB angkatan 1973 yang tergabung dalam Forum ITB Tujuh Tiga (FORTUGA), terbentuk karena di tahun 1973, pertama kalinya, sistem pendidikan tinggi di ITB saat itu mewajibkan satu angkatan dididik bersama mulai tahap matrikulasi kepada lulusan SMA seluruh daerah yang di terima di ITB selama 6 bulan, dan setelah itu para mahasiswa diwajibkan mengikuti program TPB (Tingkat Pertama Bersama) ITB selama 1 tahun dan belum menentukan pilihan jurusannya.

Fortuga saat ini beranggotakan 800 orang. “Diantaranya ada sekitar 6 orang alumni 1973 ITB ini yang pernah menjabat menjadi Menko dan Menteri diantaranya Rizal Ramli, Hatta Radjasa, Endroyono  Susilo  dan  Menteri  Jusman  SD,  Kusmayanto  Kadiman,  Al  Hilal  Hamdi”,  ujar  Nani Koespriani (Planologi’73), Ketua Fortuga Peduli Sampah. Juga ada seniman besar kita Nyoman Nuarta dan Arie Bastaman alumni Disain Produk’73 yang juga ketua Inkindo”, tambahnya. Dengan semangat Iwan Bungsu (Tambang 73) memaparkan, “Telah banyak kegiatan yang dilakukan Fortuga baik yang bersifat kekeluargaan, Sosial dan tanggung jawab sebagai bangsa. Diantaranya dukungan terhadap kegiatan GNOTA sampai ke pelosok daerah, kesenian melalui Artventure, bahkan sampai menyusun buku berlatar belakang sejarah. Lima tahun yang lalu Fortuga mengadakan kegiatan Ekspedisi Genteng_Seribu,”

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.