Food Loss VS Food Waste, Apa Bedanya?

Saat berbicara mengenai sampah, terutama di Indonesia, tentu saja kita sudah tidak asing lagi dengan istilah sampah makanan. Banyak orang menyebut sampah makanan ini dengan istilah food waste. Tetapi, apakah istilah ini sudah benar dan tepat?

Sampah makanan secara keseluruhan lebih tepatnya disebut sebagai food wastage. Terdapat dua istilah untuk menggambarkan food wastage, yaitu food loss dan food waste. Menurut FAO dalam The State of Food Agriculture 2019, yang dimaksud dengan food loss adalah penurunan kuantitas atau kualitas makanan akibat keputusan dan perilaku pemasok makanan di luar retail, penyedia jasa makanan, dan konsumen. Sedangkan, untuk food waste adalah penurunan kuantitas atau kualitas makanan akibat keputusan dan perilaku retail, penyedia jasa makanan, dan konsumen. Untuk lebih mudah memahami perbedaan keduanya, dapat dilihat gambar di bawah ini untuk membandingkan food loss dan food waste dalam food supply chain.

Penurunan kuantitas dalam food loss dan food waste menggambarkan kehilangan makanan secara fisik (berat). Sedangkan penurunan kualitas dalam food loss dan food waste menggambarkan penurunan atribut makanan yang mengurangi nilai makanan tersebut saat digunakan seperti kandungan nutrisi dalam makanan yang berkurang (contoh: kandungan vitamin C yang lebih kecil pada buah yang penyok) dan/atau berkurangnya nilai ekonomi makanan karena tidak sesuai standar kualitas.

Tidak semua makanan dapat dihindari agar tidak menjadi food wastage. Menurut STREFOWA dalam Food Waste Guideline for Waste Management (2019), terdapat bagian dalam makanan yang tidak dapat dihindari, yaitu bagian yang tidak dapat dimakan (tulang, kulit, dan sebagainya) dan sisa-sisa preparasi makanan (kulit dan sebagainya). Sedangkan, sisa-sisa konsumsi, makanan yang dikonsumsi sebagian, dan makanan yang tidak dimakan (utuh, belum dibuka) adalah bagian dalam sampah makanan yang dapat dihindari. Jadi, jangan lupa untuk habiskan makananmu ya agar tidak menjadi sampah.

Referensi:

FAO. (2019). The State of Food and Agriculture 2019 – Moving forward on food loss and waste reduction. Rome: FAO.

STREFOWA. (2019). Food Waste Guideline for Waste Management. STREFOWA.

Leave a Reply

Your email address will not be published.