Sampah merupakan salah satu musuh terbesar bagi lingkungan. Permasalahan sampah ini dapat diatasi jika terdapat sistem pengelolaan sampah yang baik. Selain itu, permasalahan sampah ini juga dapat diatasi dengan cara meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya hidup ramah lingkungan. Oleh karena itu, saat ini gaya hidup minim sampah dipercaya dapat dijadikan sebagai solusi untuk mengatasi masalah persampahan. Gaya hidup minim sampah merupakan upaya untuk mengurangi sampah dengan cara mengubah pola hidup kita menjadi lebih ramah lingkungan. Memulai gaya hidup minim sampah sebenarnya sangat mudah untuk dilakukan jika kita memiliki prinsip dan motivasi yang kuat. Berikut hal-hal yang bisa generasi hijau perhatikan untuk memulai gaya hidup minim sampah:
 

1. Bangun Motivasi yang Kuat

Untuk memulai hidup minim sampah, kita harus memiliki alasan yang kuat mengapa kita ingin berkomitmen mengurangi sampah agar langkah kita menjadi lebih konsisten. Bangunlah motivasi yang jelas seperti: kekhawatiran terhadap sampah di sungai dan lautan yang semakin menumpuk atau kekhawatiran terhadap dampak buruk yang dapat disebabkan oleh sampah yang tidak terkelola seperti yang terjadi di TPS Leuwigajah.
 

2. Perhatikan Pengeluaran Sampahmu

Jika kita bingung harus mulai dari mana, perhatikanlah pengeluaran sampahmu sehari-hari. Dengan mengetahui sampah apa yang paling banyak kita produksi, kita dapat memulai gaya hidup minim sampah dengan mengurangi jenis sampah tersebut. Contohnya, jika kita banyak menggunakan plastik, maka mulailah dengan cara mengurangi penggunaan plastik dan menggantinya dengan barang yang lebih ramah lingkungan.

3. Lakukan Riset Tentang Pengelolaan Sampah di Sekitarmu

Untuk memastikan sampahmu tidak berakhir di tempat pembuangan sampah, carilah informasi mengenai jasa pengelolaan sampah yang ada di sekitarmu seperti jasa daur ulang, jasa memperbaiki alat-alat rusak, tempat berdonasi, dll. Hal ini salah satunya dapat kita lakukan melalui platform BEBASSAMPAH.ID.

Itu dia hal-hal yang bisa kita lakukan untuk memulai hidup minim sampah. Hal lain yang harus kita ingat dalam menjalani hidup minim sampah adalah: ingatlah bahwa hidup minim sampah merupakan sebuah proses. Oleh karena itu, tetaplah bersemangat dalam menjalani gaya hidup ini. Selain itu, ajak juga orang-orang di sekitarmu untuk menjalakan gaya hidup ini agar gerakan ini tidak hanya menjadi gerakan individu, tapi juga menjadi gerakan kolektif untuk mendorong kebijakan yang lebih peduli sampah dan lingkungan.

Ditulis oleh: Siti Aisyah Novitri