Newsletter April 2020 – Greeneration Foundation

Terima kasih, untuk selalu bersama kami.

Hai Generasi hijau, selamat datang di Newsletter Greeneration Foundation edisi April 2020. Kamu menerima Newsletter ini artinya kamu sudah ikut mendukung berbagai upaya kami mewujudkan Indonesia yang lebih bersih dan berkelanjutan. 

Jangan lupa untuk selalu update berbagai informasi terkini melalui media sosial kami: InstagramFacebookTwitterYoutube, dan Website. Mengakhiri April 2020 kami senang masih bisa berbagi cerita dan capaian yang kami lakukan.

Penyaluran Fase-1: Paket Donasi untuk Pemulung & Petugas Persampahan di 15 Titik Wilayah

Hingga 30 April 2020 pukul 18.45 WIB bantuan yang berhasil dihimpun oleh Greeneration Foundation dalam rangka galang dana untuk membantu Pemulung & Petugas Persampahan Agar Aman Corona mencapai Rp.152.432.500 dengan detail sebagai berikut:

Dana yang sudah terkumpul di atas akan disalurkan untuk membantu pemulung dan petugas persampahan dalam Penyaluran Fase-1 dengan detail jenis bantuan sebagai berikut: 

  • Masker Kain: 2 pcs/ paket – untuk 761 paket
  • Sabun Cuci Tangan: 2 botol/ paket – untuk 761 paket
  • Hand Sanitizer: 1 botol/ paket – untuk 761 paket
  • Sarung Tangan Karet: 2 pasang/ paket – untuk 761 paket
  • Susu: 2 buah/ paket – untuk 761 paket
  • Minyak Goreng: 1 L/ paket – untuk 761 paket
  • Mie Instant: 4 bungkus/ paket – untuk 761 paket
  • Makanan Berat untuk Buka Puasa: 821 Paket (Penerima Donasi & Penyalur) 

Penyaluran Fase-1 ditargetkan dilaksanakan dalam kurun maktu antara 1-10 Mei 2020. Adapun sebaran 15 titik Penyaluran Fase-1 sebagai berikut:

Galang dana untuk membantu pemulung & petugas persampahan di tengah pandemi Covid-19 ini akan dilanjutkan untuk Penyaluran Fase-2, melalui: 

Nama Bank: BNI
No Rekening: 506 850 012
a.n: Yayasan Greeneration Indonesia

Nama Bank: Mandiri
No Rekening: 1310 0122 89593
a.n: Yayasan Greeneration Indonesia

Ada yang Baru di BebasSampah.ID!

#DirumahAja selama Pandemi COVID-19, BebasSampah.ID meluncurkan fitur terbaru yaitu Perpustakaan Persampahan. Perpustakaan Persampahan merupakan perpustakan yang berisikan tentang berbagai informasi seputar isu persampahan, di mana kamu bisa melihat, mengunduh, dan mengunggah berbagai informasi, seperti berita, blog, e-book, jurnal, laporan, panduan, regulasi, presentasi, serta video e-learning.

Saat ini, Perpustakaan Persampahan sudah memiliki koleksi untuk meningkatkan pengetahuan kamu bagaimana cara mengelola sampah di kondisi Pandemi COVID-19 ini, antara lain:

  1. Video Kuliah Online Pengelolaan Sampah di Indonesia
  2. Panduan Pengolahan Sampah Medis di TPA pada kondisi Pandemi COVID-19 oleh ISWA
  3. Panduan Pengelolaan Limbah B3 Fasilitas Pelayanan Kesehatan Dampak Penanganan COVID-19 oleh KLHK 
  4. Panduan pengelolaan sampah, air, dan sanitasi pada kondisi COVID-19 oleh WHO dan UNICEF 
  5. Jurnal Penanganan Sampah Medis pada kondisi Pandemi COVID-19 di Wuhan Cina
  6. Buku Tata Cara Pengelolaan Persampahan Hasil Aktivitas Medis yang Aman
  7. Surat Edaran KLHK Pengelolaan Limbah Infeksius dan Sampah Rumah Tangga dari Penangananan COVID-19
Pastikan kamu segera daftar di BebasSampah.ID untuk dapat mengakses koleksi Perpustakaan Persampahan nya ya!
 
Cek Perkembangan Circular Economy di Indonesia Melalui IndonesiaCEF.id

Pendekatan Ekonomi Sirkular membuka banyak jalan menuju kota yang cerdas dan berkelanjutan. Kota yang cerdas dan berkelanjutan diharapkan dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat perkotaan. Berdasarkan data yang dikeluarkan UNDP, pada tahun 2020 sudah sebanyak 50% masyarakat yang hidup di wilayah perkotaan. Dan pada tahun 2050, 2/3 dari penduduk bumi akan hidup di perkotaan dibanding di pedesaan.

Kota dan wilayah sekitar kota merupakan pusat sinergi penting dari manusia, informasi, ekonomi, air, material, energi, makanan, dan limbah/sampah. Mempertimbangkan situasi nasional dan global saat ini, sudah saatnya untuk menggunakan pendekatan baru dalam pemanfaatan sumber daya di kota melalui prinsip-prinsip ekonomi sirkular.

Di Indonesia sendiri, sudah ada beberapa wilayah yang mulai menggunakan pendekatan ekonomi sirkular untuk mencapai tujuan kota yang cerdas dan berkelanjutan. Salah satunya adalah Kota Surabaya, yang ditargetkan menjadi tuan rumah the 4th Indonesia Circular Economy Forum tahun ini.
 
Penandatanganan Komitmen Berkelanjutan Agung Concern Bijak Kelola Sampah di Desa Hatta, Provinsi Lampung
 

Kegiatan ini merupakan rangkaian acara simbolis Penandatanganan Komitmen Berkelanjutan Agung Concern BIjak Kelola Sampah di Desa Hatta, Provinsi Lampung, yang terdiri atas penandatanganan komitmen lalu dilanjutkan dengan pengambilan tanda tangan EcoRanger di rumah masing-masih oleh komunitas lokal.

Acara ini merupakan bagian dari komitmen Agung Concern Group dan Greeneration Foundation untuk tetap bijak kelola sampah dan melakukan monitoring project Bank Sampah yang telah diresmikan sebelumnya. Penandatanganan ini dilaksanakan secara online dan offline, dimana dihadiri oleh Kepala Desa Hatta, Ketua Ranger, dan Komisaris Agung Concern Group yang disaksikan melalui video teleconference

 

Indonesian Children Care for the Environment (ICCFTE)

 
 

Indonesian Children Care for the Environment (ICCFTE) merupakan program yang bermitra dengan IKEA dan Kedutaan Besar Swedia, program ini bertujuan memberikan edukasi tentang sampah makanan kepada anak-anak sekolah dasar di empat sekolah dekat daerah operasional IKEA di Alam Sutera, Sentul, dan Bandung. Dalam pelaksanaannya, Greeneration Foundation akan mengajak komunitas lokal untuk melakukan edukasi melalui berbagai bahan pembelajaran seperti buku cerita, modul aktivitas, dan kegiatan berkebun.

Hingga April, ICCFTE sudah melakukan beberapa hal sebagai capaian pelaksanaan program, diantaranya:

  1. Membuat konten buku cerita anak dan memulai ilustrasi.
  2. Berjejaring dengan komunitas berkebun sebagai kolaborator.
  3. Memetakan sekolah yang akan disambangi dengan bantuan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.
  4. Memulai kampanye #HabiskanYuk di media sosial.

Nantikan publikasi buku cerita anak dan sambang sekolah ICCFTE tahun depan!

Share Social Media

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Related Articles

#MAUSAMPAIKAPAN Sungai Citarum Kotor?

#MAUSAMPAIKAPAN Sungai Citarum Kotor?     Dari dulu Sungai Citarum itu dikenal sebagai sungai yang kotor. Bahkan warga yang tinggal di Jawa Barat juga mengenalnya

Sinergi Pengelolaan Sampah di Destinasi Wisata

Sinergi Pengelolaan Sampah di Destinasi Wisata   Greeneration Foundation tetap konsisten dalam mewujudkan pariwisata berkelanjutan di Indonesia. Komitmen ini ditunjukan melalui seminar yang diinisiasi oleh Tim

Support Organization

Support Specific Program