Peringati #PESAN2020, Greeneration Foundation Luncurkan BEBASSAMPAH.ID (Portal Informasi dan Wadah Kolaborasi Persampahan Nasional)

KOTA CIMAHI, GREENERATION FOUNDATION – Peserta kegiatan Community & Media Gathering PESAN 2020 di Eks TPA Leuwigajah, Cimahi, Jawa Barat, Sabtu (21/02/20)

Tanggal 21 Januari diperingati sebagai Hari Peduli Sampah Nasional. Peringatan ini dilatarbelakangi oleh tragedi meledaknya TPA Leuwigajah di Cimahi, Jawa Barat pada tanggal yang sama di tahun 2005. Tragedi ini telah menewaskan 143 warga, mengubur 71 rumah serta 2 kampung yaitu Kampung Cilimus dan Gunung Aki. Oleh karena itu, dalam rangka memperingati kejadian tersebut, Greeneration Foundation berkolaborasi dengan NEMnov Foundation, Get Plastic ID dan masyarakat adat Kampung Cirendeu Leuwigajah untuk menginisiasi kegiatan Community & Media Gathering, yang merupakan salah satu dari rangkaian kegiatan PESAN (Peduli Sampah Nasional) 2020. 

Kegiatan ini dibuka oleh Vannesa Letizia sebagai Direktur Eksekutif Greeneration Foundation, lalu dilanjutkan oleh sesi diskusi mengenai gerakan dan advokasi tata kelola sampah bersama Ibu Tini Martini Tapran sebagai dewan relawan nasional Bergerak Indonesia Bebas Sampah (BIBS) dan Ibu Ria Ismaria sebagai koordinator Forum Bandung Juara Bebas Sampah. Dalam kegiatan ini, Greeneration Foundation juga berkesempatan untuk meluncurkan Bebas Sampah ID (BSID). 

Andre Prasetyo, selaku program manager BSID, menjelaskan bahwa BSID merupakan suatu platform nasional yang bertujuan untuk menghubungkan dan menggerakan para pemangku kepentingan untuk berperan serta dan berkolaborasi dalam mewujudkan Indonesia Bebas Sampah. Hal ini dilakukan melalui pemetaan aset persampahan sebagai solusi pengelolaan persampahan dan pemetaan aktor-aktor peduli persampahan yang telah bergerak ke dalam Bergerak Indonesia Bebas Sampah (BIBS). Platform ini juga diharapkan dapat menjadi pusat informasi mengenai tata kelola sampah dan dapat mendorong pengelolaan sampah yang lebih baik di setiap daerah. Saat ini, platform BSID sudah bisa diakses melalui BebasSampah.ID dan dapat digunakan oleh masyarakat umum yang ingin turut berkontribusi dalam isu persampahan. 

Setelah kegiatan peluncuran BSID, terdapat sesi diskusi tanya jawab bersama peserta. Kang Yana, selaku aktivis persampahan dan warga sekitar, berpendapat bahwa seharusnya terdapat monumen yang dibangun di Eks TPA Leuwigajah. Hal ini bertujuan untuk memperingati sejarah dan untuk menyadarkan masyarakat bahwa sampah yang tidak terkelola dengan baik dapat menyebabkan korban jiwa. 

Kegiatan ini dihadiri oleh 43 orang, 21 instansi, dan 5 orang perwakilan media. Kegiatan ini kemudian ditutup dengan pembacaan Deklarasi Jawa Barat sebagai Tuan Rumah Jambore IBBS 2020. Selain kegiatan Community & Media Gathering, PESAN 2020 juga diisi dengan berbagai kegiatan lainnya seperti kegiatan lokakarya pemanfaatan limbah minyak jelantah dari komunitas Perempuan Penyala.

Share Social Media

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Related Articles

#MAUSAMPAIKAPAN Sungai Citarum Kotor?

#MAUSAMPAIKAPAN Sungai Citarum Kotor?     Dari dulu Sungai Citarum itu dikenal sebagai sungai yang kotor. Bahkan warga yang tinggal di Jawa Barat juga mengenalnya

Sinergi Pengelolaan Sampah di Destinasi Wisata

Sinergi Pengelolaan Sampah di Destinasi Wisata   Greeneration Foundation tetap konsisten dalam mewujudkan pariwisata berkelanjutan di Indonesia. Komitmen ini ditunjukan melalui seminar yang diinisiasi oleh Tim

Support Organization

Support Specific Program