Tips Kurangi Sampah Plastik Sachet

 Sumber: Citra Indonesia

Sumber: Citra Indonesia

Plastik merupakan bahan kemasan yang marak digunakan oleh masyarakat dalam kehidupan sehari-sehari seperti makan, minum, mandi, dll. Penggunaannya yang praktis membuat masyarakat yang tidak peduli terhadap lingkungan menggunakannya secara tidak bertanggung jawab sehingga dapat mencemari lingkungan. Salah satu jenis sampah plastik yang berdampak buruk bagi lingkungan adalah sampah plastik sachet.

Menurut Ikatan Pemulung Indonesia, sampah plastik sachet tidak memiliki nilai harga yang layak sehingga banyak pemulung yang enggan untuk mengelola sampah plastik sachet. Hal ini tentunya dapat membuat sampah sachet menumpuk dan mencemari lingkungan. Oleh karena itu, Generasi Hijau tentunya harus mulai bersikap bijak dalam penggunaan kemasan plastik sachet. Berikut tips-tips yang bisa Generasi Hijau lakukan untuk mengurangi dampak penggunaan kemasan plastik sachet bagi lingkungan:

1. Membuat Bahan Kebutuhan Sehari-Hari Pribadi

 Sumber: Annmarie Gianni

Sumber: Annmarie Gianni

Hampir semua alat kebutuhan sehari-hari kita dikemas menggunakan plastik sachet. Lalu bagaimana caranya supaya kita tidak bergantung terhadap penggunaan plastik sachet tersebut? Kita bisa mulai mengurangi penggunaan kemasan plastik sachet dengan cara membuat bahan kebutuhan sehari-hari sendiri di rumah menggunakan bahan-bahan yang alami, contohnya kita bisa mengganti penggunaan bumbu masak instan kemasan dengan cara menggunakan bumbu asli langsung yang lebih alami. Selain ramah lingkungan, hal ini juga tentunya baik untuk kesehatan dan lebih ekonomis. Di era kemajuan informasi seperti saat ini, kita bisa menemukan banyak cara untuk membuat bahan kebutuhan sehari-hari sendiri dimulai dari makanan, minuman, sampo, pasta gigi, dll. Ada beberapa platform yang menyediakan informasi mengenai pembuatan bahan kebutuhan sehari-hari ramah lingkungan seperti #DIY di channel youtube Greeneration Foundation, website www.trashisfortosser.com, dll. 

2. Belanja di Toko Curah Bebas Sampah

 Sumber: Rukita

Sumber: Rukita

Seiring dengan meningkatnya kesadaran akan gaya hidup ramah lingkungan, toko-toko yang menerapkan konsep bebas sampah pun sudah bermunculan. Toko ramah lingkungan menawarkan produk keperluan sehari-hari secara curah sehingga pembeli hanya bisa membeli produk tersebut dengan wadah yang mereka bawa sendiri. Ada beberapa toko yang menerapkan konsep ramah lingkungan di Indonesia seperti The Bulkstore & Co, Saruga Package Free Shopping Store, Nake Inc., Toko Curah Selama, dll.

3. Daur Ulang Kemasan Plastik Sachet

Jika dibuang langsung ke tempat sampah dan tidak dikelola dengan baik, kemasan plastik sachet tentunya dapat mencemari lingkungan. Oleh karena itu, kita perlu memilah sampah tersebut dan mencoba untuk mendaur ulang sampah tersebut. Sampah kemasan plastik sachet dapat didaur menjadi benda kerajinan yang memiliki nilai ekonomis. Jika tidak punya waktu untuk mendaur ulang sampah tersebut, kita dapat menyerahkan kemasan plastik sachet tersebut kepada pihak pendaur ulang sampah sehingga dapat dikelola dengan baik.

4. Menjadi Aktor Bebas Sampah

 Sumber: Greeneration ID

Sumber: Greeneration ID

Untuk  bisa berkontribusi lebih terhadap lingkungan, anda dapat bergabung menjadi aktor Bebas Sampah dengan cara mendaftarkan diri anda di BEBASSAMPAH.ID. Melalui platform ini, anda dapat memetakan aset persampahan yang ada di sekitar sehingga dapat membantu masyarakat dan aktor persampahan lainnya untuk membuat perencanaan yang lebih sistematis mengenai pengolahan sampah. Selain itu, platform ini juga dapat berfungsi sebagai wadah bertukar informasi mengenai persampahan sehingga anda dapat terhubung dengan aktor-aktor persampahan yang bergerak dalam pengelolaan sampah kemasan plastik sachet.

 

Ditulis oleh: Siti Aisyah Novitri

Leave a Reply

Your email address will not be published.