Hai Generasi Hijau!

Apa yang kamu bayangkan jika Bulan Agustus tiba, selain Hari Kemerdekaan pastinya? Ya di bulan Agustus pun lekat dengan “Hari Pramuka Sedunia” nya. Ada yang tau tepatnya tanggal berapa?

Hari Pramuka merupakan hari yang diperingati setiap tahun oleh seluruh Pramuka Indonesia pada tanggal 14 Agustus. Tujuannya untuk mengingatkan kembali pada “tujuan dan fungsi” adanya gerakan pramuka ini.

Secara resminya gerakan pramuka dimulai pada tanggal 20 Mei 1961, yang ditandai dengan ditandatanganinya Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 238 tahun 1961 tentang Gerakan Pramuka, namun dipilhnya 14 Agustus kaeran pada tangga tersebut ditahun 1961 diselenggarakannya pawai secara besar-besaran dari gerakan pramuka untuk pertamakkalinya di Indonesia.

Menurut laman resmi Pramuka Indonesia, mengenal sejarah pendidikan kepramukaan  tidak dapat lepas dari hidup pendiri gerakan kepramukaan sedunia yaitu Lord Robert Baden Powell of Gilwell. Hal ini disebabkan pengalama beliaulah yang mendasari pembinaan remaja di negara Inggris. pembina remaja inilah yang kemudian tumbuh berkembang menjadi gerakan kepramukaan.

Pada awal tahun 1908, Baden Powell memulai menulis pengalamannya untuk acara latihan kepramukaan yang dirintisnya. Kumpulan tulisannya ini dibuat buku dengan judul “Scounting For Boys”. Seiring dengan cepatnya tersebar buku tersebut di Inggris dan negara-negara lainnya kemudian berdirilah Organisasi kepramukaan yang semula hanya untuk laki-laki dengan nama Boys Scout.

Kepramukaan ini sangat cepat menyebar termasuk ke negara Belanda, bisa dikatakan bahwa Belanda lah yang membawa masuk gerakan ini ke Indoensia. Pada saat penjajahan Belanda, di Indonesia mereka mendirikan organisasi kepramukaan dengan istilah NIPV yang dikhususkan bagi anak-anak Belanda. Lalu mulai lah tokoh-tokoh pergerakan nasional Indonesia pun  membentuk organisasi kepramukaan “pribumi”.

Seiring berjalannya waktu hingga mulai tahun 1960-an, berbagai pihak termasuk pemerintah mulai melakukan penertiban organisasi kepanduan termasuk upaya untuk mendirikan Gerakan Pramuka.

Lalu tepatnya pada tanggal 20 Mei 1961, Kepres menetapkan Gerakan Pramuka sebagai satu-satunya organisasi kepanduan yang ditugaskan menyelenggarakan pendidikan bagi anak-anak dan pemuda Indonesia.

Pada tanggal 14 Agustus 1961, dilakukan Pelantikan Mapinas (Majlis Pimpinan Nasional), Kwarnas dan Kwarnari di Istana Negara, dilanjutkan penganugerahan Panji-panji Kepramukaan dan defile Pramuka untuk memperkenalkan Pramuka kepada masyarakat yang diikuti  oleh sekitar 10.000 Pramuka. Peristiwa ini kemudian disebut sebagai HARI PRAMUKA yang diperingati hingga sekarang.

Nah Generasi Hijau, kegiatan Kepramukaan ini bisa jadi salah satu organisasi positif yang bisa kita ikuti, selain menambah kemandiran, aktivitas kepramukaan ini mengajarkan kita selalu untuk dekat dan mencintai alam.

Selamat mengikuti 🙂

 

Share Social Media

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Related Articles

#MAUSAMPAIKAPAN Sungai Citarum Kotor?

#MAUSAMPAIKAPAN Sungai Citarum Kotor?     Dari dulu Sungai Citarum itu dikenal sebagai sungai yang kotor. Bahkan warga yang tinggal di Jawa Barat juga mengenalnya

Sinergi Pengelolaan Sampah di Destinasi Wisata

Sinergi Pengelolaan Sampah di Destinasi Wisata   Greeneration Foundation tetap konsisten dalam mewujudkan pariwisata berkelanjutan di Indonesia. Komitmen ini ditunjukan melalui seminar yang diinisiasi oleh Tim

Support Organization

Support Specific Program